Distribusi Logistik Pemilu 2024: Panwaslu Kecamatan Warungkondang Temukan 3 Kejanggalan

INFONEWS TV
Sabtu, 10 Februari 2024 | 14:23 WIB Last Updated 2024-02-10T07:36:12Z
Foto: Dok. IN. Kordiv Hukum P2HM Panwaslu Warungkondang Arief Nurdian Pratama (pakai rompi) bersama Ketua PPK Kecamatan Warungkondang Ujang Muljani 

INFO NEWS | WARUNGKONDANG - Panwaslu Kecamatan Warungkondang temukan tiga kejanggalan pada sa'at mengecek ulang logistik pemilu di gudang logistik PPK Kecamatan Warungkondang bertempat di Gor Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur.

Hal itu terungkap setelah Kordiv P2HM Panwaslu Warungkondang, Arief Nurdian Pratama bersama tim lain nya mengecek kembali logistik pemilu dan menemukan perbedaan penulisan di kotak suara dengan isi didalam barcode kotak suara.

"Tadi setelah dilaksanakan penurunan barang digudang logistik PPK Kecamatan warungkondang, kami dengan pekerja yang lain melakukan pengecekan ulang, kemudian di temukan perbedaan antara barcode dengan penulisan yang ada di kotak suara," jelas Arief. Jum'at, (9/2/2024).

"Ini bukan kesalahan tapi perbedaan," sambung Arief.

Lanjut Arief; "Perbedaan barcode dan di kotak suara itu ada 3, yang pertama di desa mekarwangi yang ke 2 desa bunikasih, yang ke 3 desa mekarwangi, jadi Mekarwangi ada 2," beber nya.

"Nah yang pertama itu perbedaan di kotak suara pemilihan presiden, di barcodenya itu tulisan nya Mekarwangi dan di tulisan nya Mekarsari," jelas Arief.

"Untuk di TPS 11 kotak suara provinsi ditulisan Mekarwangi di barcode nya no TPS 11 tapi desa nya bunikasih," imbuhnya

Lebih lanjut Arief melanjutkan penjelasan nya; "Kemudian ada satu lagi, sama, kotak suara DPRD Provinsi, ditulisan nya TPS 5 desa bunikasih di barcode nya TPS 5 desa bunisari," ucapnya.

Ia bersama rekan nya menemukan 3 kotak suara antara barcode dan tulisan di kotak suara berbeda.

"Karena ini memang proses dalam memasukan kotak suara dan penempelan stiker menggunakan proses manual, ini dipastikan terjadinya kesalahan human eror, jadi panwaslu kecamatan warungkondang akan melakukan saran perbaikan kepada PPK Kecamatan warungkondang, untuk segera ditindak lanjuti terkait adanya perbedaan barcode dan penulisan di kotak suara," papar nya.
Foto: Dok. IN. Gudang logistik pemilu 2024 PPK kecamatan warungkondang 

Ia juga menegaskan, Ini harus menjadi saran perbaikan untuk KPU Kabupaten Cianjur agar dalam penulisan dan di barcode itu harus sesuai.

"Ini dipastikan kesalahan human eror, kesalahan daripada orang yang melakukan packing atau memasukan data-data atau menuliskan data-data tersebut yang adanya di gudang logistik KPU," jelas Arief Nurdian Pratama.

Selanjutnya Arief memaparkan pergeseran jadwal pendistribusian logistik pemilu 2024 dari gudang KPU Kabupaten ke gudang PPK Kecamatan Warungkondang:

"Pada waktu itu loading pemberangkatan logistik pemilu 2024 di geser waktunya pada hari ini, tanggal 9, karena pada tanggal 8 untuk distribusi kec cipanas, pacet dan sukaresmi, jadi ke dapil 3 dulu," paparnya.

"Karena KPU Kabupaten kalau enggak salah mengurusnya mulai dari dapil 6, dapil 5, 4, 3 baru dapil 2, jadi menyelesaikan dulu distribusi dapil 3," sambungnya.

Lanjut Arief; "Logistik pemilu 2024 untuk kecamatan warungkondang berangkat dari gudang KPU Kabupaten pada pukul 14.00 WIB dan tiba di gudang PPK Warungkondang pukul 15.30 WIB, pengiriman nya melalui pihak ke 3 yaitu PT. Pos," urai Arief.

Masih dilokasi yang sama, gudang logistik pemilu 2024 PPK Warungkondang, Ketua PPK Warungkondang Ujang Muljani menuturkan:

"Permasalahan ini akan saya konsultasikan dengan Kabag pergudangan bagaimana nanti titik temu dan solusinya, mumpung kita masih ada waktu beberapa hari kedepan, In Saa Allah ini akan selesai," ucap Ujang.

"Kalau mengenai kesalahan nya dimana, mungkin ini dibagian loading gudang," tambahnya.

Ia mengatakan, yang terdeteksi hari ini yaitu di barcode dan tulisan kotak suara berbeda, tapi saya akan mengecek kembali apakah ada, tapi memang bunikasih itu jumlahnya sudah pas tetapi yang bunisari ditulisan nya itu berkurang.

"In Saa Allah akan kita selesaikan bersama rekan rekan di PPS, informasi dari gudang KPU juga tadi info nya memang kekurangan." Tutup Ujang.

(Ark)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Distribusi Logistik Pemilu 2024: Panwaslu Kecamatan Warungkondang Temukan 3 Kejanggalan

Trending Now