Selain Penugasan Tempur, Satgas Mobile Raider Yonif 300/BJW Kodam III/ Siliwangi Kembali Kawal Pembagian Beras Di Papua

INFONEWS TV
Selasa, 10 Oktober 2023 | 16:56 WIB Last Updated 2023-10-10T10:02:10Z
Foto: Dok. IN. Nampak dalam photo Anggota Satgas Mobile Raider Yonif 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi sa'at membantu Dinsos setempat dalam pengawalan pendistribusian bantuan beras

INFO NEWS | PUNCAK - PAPUA, Sudah menjadi komitmen dari awal bagi Satgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi selain melaksanakan tugas pertempuran mereka juga bertekad untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat di daerah penugasan.

"Pembagian beras Bulog dari Pemerintah Pusat merupakan bukti nyata bahwa negara hadir untuk membantu kesulitan masyarakat Papua, dan kami selaku (Apkam) Aparat Keamanan berkewajiban membantu Pemda setempat untuk mengawal penyaluran agar dapat sampai ke masyarakat yang membutuhkan". Ujar Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P Dansatgas Mobile Raider 300/BJW Kodam III/Siliwangi di sampaikan dalam rilis tertulisnya di Ilaga Kabupaten Puncak Papua Tengah. Senin (9/10/2023).

"Melihat situasi dan kondisi masyarakat Papua khususnya di Kabupaten Puncak tentunya akan menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah," tegas Dansatgas. 

"Keterbatasan masyarakat dalam mengolah sumber daya alam menjadikan mereka kekurangan bahan makanan pokok, terutama beras, ditambah lagi situasi keamanan yang masih belum stabil membuat roda ekonomi berjalan lambat cenderung menurun," ungkap Dansatgas

Lanjut Dansatgas; "Butuh biaya banyak bagi masyarakat yang ingin ideal memenuhi kebutuhan hidupnya karena tidak ada akses jalur darat, apa yang mereka butuhkan harus dikirim melalui pesawat agar sampai ke tempat dengan ongkos yang mahal," urainya.

Dengan situasi dan kondisi seperti ini sudah barang tentu sebagian besar masyarakat Kabupaten Puncak tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya serta pasrah dengan hidup seadanya, dengan mengandalkan hasil bumi yang bisa mereka olah.

Bantuan beras Bulog ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI yang didistribusikan bekerjasama dengan Dinsos Kabupaten Puncak. 

"Kami melaksanakan koordinasi yang baik dengan Apkam setempat untuk melaksanakan pengamanan ini, sehingga pendistribusian bantuan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar," tambah Dansatgas. 
Foto: Dok. IN. Nampak dalam photo warga penerima manfa'at bantuan beras dari Pemerintah Pusat sedang mengambil beras bantuan di saksikan Sekdis Dinsos setempat

Sehubungan dengan terbatasnya sarana dan prasarana maka barang bantuan di wilayah 3 Kabupaten Puncak dipusatkan di Distrik Sinak. 

Sebelumnya masyarakat harus bersabar menunggu karena barang bantuan tidak sekaligus bisa terkirim dan harus disimpan terlebih dahulu di gudang Koperasi Pemda. 

"Bantuan berupa beras Bulog ini merupakan pembagian pada Triwulan III untuk Wilayah 3 Kab. Puncak sebanyak ± 47 ton yang mencakup 8 Distrik diantaranya yaitu Distrik Sinak Induk, Sinak Barat, Yugumoak, Nigilome, Mageabume, Pogoma, Bina, Kemburu dan Oneri sedangkan Distrik Agandugume dan Lambewi langsung didistribusikan lewat Bandara Agandugume," jelas Dansatgas.

Senada dengan Dansatgas, Sekdis Sinak Induk. Kitinus Talenggen, S. Sos. Mengucapkan terimakasih;

"Saya selaku aparat pemerintah tingkat Distrik mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah terutama kepada Satgas Raider 300 Siliwangi yang telah mengawal bantuan ini sehingga distribusinya dapat berjalan dengan aman dan lancar." Ujar nya.

Terakhir Dansatgas Menegaskan; "Kami berharap dengan kegiatan Pengamanan dan Pengawalan distribusi bantuan logistik dari Pemerintah ini secara optimal dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Puncak Provinsi Papua Tengah." Pungkasnya.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Selain Penugasan Tempur, Satgas Mobile Raider Yonif 300/BJW Kodam III/ Siliwangi Kembali Kawal Pembagian Beras Di Papua

Trending Now