Tingkatkan Mutu Pelayanan Bidang Pertanahan, Pemdes Nagrak Pasang Protades Buku Digital Tanah

INFONEWS TV
Rabu, 06 Desember 2023 | 15:47 WIB Last Updated 2023-12-06T08:50:17Z
Foto: Dok. IN. Photo bersama Tim Protades Indonesia dan Pemdes Nagrak

INFO NEWS | CIANJUR - Tingkatkan mutu pelayanan Masyarakat, terutama dalam bidang pertanahan, Pemerintah Desa Nagrak Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur pasang Aplikasi Protades. Buku digital pertanahan.

Protades' merupakan software aplikasi berbasis web yang digunakan untuk restorasi digital arsip pemerintah desa bidang pertanahan khususnya Buku Letter C. Rabu, (6/12/2023).

Dengan Protades pencarian objek tanah akan menjadi lebih mudah, selain itu sebagai bentuk penyelamatan dari kerusakan buku letter C Desa agar data tanah tidak hilang.

Sementara itu usai melaksanakan bimtek kepada perangkat Desa Nagrak, Pendiri Protades Indonesia, Juni Prayitno, mengungkapkan.

"Protades' adalah program kegiatan yang bertujuan untuk melakukan restorasi secara digital arsip pemerintah desa bidang pertanahan khususnya buku letter C Desa melalui aplikasi yang sistematis dan terintegrasi," ujar Juni.

"Yang terdiri dari kegiatan sosialisasi, pendataan, pelatihan sampai pada proses pendampingan implementasi," imbuhnya. 

Lebih lanjut Juni menjelaskan; "Protades bukanlah aplikasi kosong, di dalamnya sudah ada pemetaan bidang tanah yang sistematis dan terintegrasi secara digitalisasi," jelas nya.

Terpisah' Hendi Saiful Maladi, SH. Kepala Desa Nagrak Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, menuturkan:

"Aplikasi ini sangat bagus dengan kata lain protades sebagai perwujudan buku letter C Desa berbentuk digital," ucap Kades Nagrak.

"Selain menjaga data buku letter C desa dari kerusakan, aplikasi ini juga mempermudah pelayanan pemerintah desa dalam bidang pertanahan," bebernya.

Kemudian awak media bertanya, lebih mudah mana pencarian bidang tanah, mudah secara manual atau digital.

"Lebih mudah dalam bentuk digital, selain mudah buku digital ini menjaga data buku letter C Desa dari kerusakan," ungkap Kades Nagrak.

"Buku kan kalau sudah usang datanya tak terbaca lagi, jika sudah begitu di khawatirkan data nya menjadi hilang." Pungkas Kades Nagrak.

(Arkam)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Mutu Pelayanan Bidang Pertanahan, Pemdes Nagrak Pasang Protades Buku Digital Tanah

Trending Now