Pemdes Sukasari- Cianjur Pasang Protades Untuk Selamatkan Data Buku Letter C Desa

INFONEWS TV
Rabu, 06 Desember 2023 | 13:32 WIB Last Updated 2023-12-06T06:35:55Z
Foto: Dok. IN. Nampak Juni Prayitno, Pendiri sekaligus Pencipta Pertades Indonesia sedang memberikan pemaparan tentang buku pertanahan digital

INFO NEWS | KARANGTENGAH - Untuk meningkatkan pelayanan Masyarakat, terutama dalam bidang pertanahan, Pemerintah Desa Sukasari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur pasang Protades.

Protades' Adalah sebuah software aplikasi berbasis web yang digunakan untuk restorasi digital arsip pemerintah desa bidang pertanahan khususnya Buku Letter C. 

Dengan Protades pencarian objek tanah menjadi lebih mudah, selain itu sebagai bentuk penyelamatan buku letter C Desa dari kerusakan.

Hal tersebut di sampaikan Pendiri Protades Indonesia, Juni Prayitno, usai memberikan bimbingan tekhnis kepada Perangkat Desa Sukasari.

"Protades' adalah program kegiatan yang bertujuan untuk melakukan restorasi secara digital arsip pemerintah desa bidang pertanahan khususnya buku letter C Desa melalui aplikasi yang sistematis dan saling terintegrasi," ujar Juni.

"Yang terdiri dari kegiatan sosialisasi, pendataan, pelatihan sampai pada proses pendampingan implementasi," imbuhnya. Rabu, (6/12/2023).
Lebih lanjut Juni menjelaskan; "Protades bukan aplikasi kosong, di dalamnya sudah ada pemetaan bidang tanah yang sistematis dan terintegrasi secara digital," jelas nya.

Hal senada di sampaikan, Dadan Haris Kepala Desa Sukasari; "Menurut kami protades ini aplikasi yang sangat bagus dengan kata lain protades sebagai perwujudan bulu letter C Desa berbentuk digital," ucap Kades Sukasari.

"Selain menjaga data buku letter C desa dari kerusakan, aplikasi ini juga mempermudah pelayanan pemerintah desa dalam bidang pertanahan," bebernya.

Kemudian awak media bertanya, lebih mudah mana pencarian bidang tanah, mudah secara manual atau digital.

"Tentu saja lebih mudah dalam bentuk digital, selain mudah buku digital ini menjaga data buku letter C Desa manual dari kerusakan, buku kan kalau sudah lama bisa lapuk, jika sudah tidak di khawatirkan data nya menjadi hilang." Pungkas Kades.

(Arkam)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemdes Sukasari- Cianjur Pasang Protades Untuk Selamatkan Data Buku Letter C Desa

Trending Now