Banyak Hal Baru Positif Diajarkan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kepada Masyarakat Papua

INFONEWS TV
Rabu, 22 November 2023 | 09:08 WIB Last Updated 2023-11-22T02:11:43Z
Foto: Dok. IN. Photo Satgas sa'at memberikan pendidikan karakter disiplin sejak dini 

INFO NEWS | PAPUA TENGAH - Efek psikologis diberikan kepada putra-putri Papua yang timbul dari kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris), ini merupakan proses pembentukan jiwa patriotisme sejak dini yang ditanamkan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P, melalui rilis tertulisnya di Kabupaten Puncak, Papua tengah, Rabu, (22/11/2023).

"Di daerah ini masih minim tenaga pengajar pendidikan, hal ini disebabkan karena daerah yang masih susah diakses dengan kendaraan," ujar Dansatgas.

"Dengan hadirnya anggota Raider 300/Brajawijaya, Saya selaku Dansatgas memerintahkan tiap-tiap Pos untuk mengajak serta mengajarkan Cinta Tanah Air," tambah Dansatgas.
 
Dalam kurun waktu kurang lebih 5 bulan Satgas Mobile Raider 300 berada di Papua secara terus menerus memberikan kontribusi positif yang bermanfa'at untuk Masyarakat Papua tengah.

"Suksesnya setiap program yang diberikan memiliki kesiapan tersendiri, seperti program yang ada di Pos TNI Pintu Jawa Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi yaitu "Hidup sehat, disiplin dan taat beragama," jelas Dansatgas.

Pos TNI Pintu Jawa berada di perbatasan Kabupaten Puncak- Kabupaten Puncak Jaya, berada di tengah-tengah dari Distrik yang mempunyai bandara yaitu Distrik Sinak dan Distrik Mulia tepatnya di Distrik Mageabumek.
"Distrik Mageabumek memiliki 12 Kampung dan 11 Gereja, letaknya yang berada di perbatasan antar Kabupaten seharusnya memiliki jalur bagus akan tetapi tanah yang labil sehingga sering terjadi longsor diberbagai titik," beber Dansatgas.

Terpisah, Danpos Pintu Jawa Lettu. Inf. Dody Suyono, menerangkan:

"Awal-awal bulan pergantian Satgas sebelumnya, kita mengumpulkan beberapa Tokoh agama dan Tokok Masyarakat untuk diajak diskusi tentang keadaan masyarakat sekitar," ungkap Danpos.

Mulai dari kondisi jalur akses yang mudah longsor, kebiasaan-kebiasaan mereka, kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan juga keperluan yang dibutuhkan, dengan informasi-informasi dari mereka maka Kami membuat program tersebut.

"Hidup sehat, disiplin dan taat beragama menjadi Program andalan Satgas Mobile Raider 300 yang ada di Pos Pintu Jawa, melakukan berbagai kegiatan teritorial didaerah terpencil dengan tujuan mengubah pola hidup dan mindset masyarakat Papua menjadi tujuan utama," urai Dansatgas.

Program ini mendapatkan respon yang baik dari berbagai Kepala Kampung dan juga Para Pendeta yang ada di Distrik Mageabumek.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kampung Amulume Bapak Yatep Telenggen 

"Kitorang lihat su banyak perubahan baik dari Masyarakat Papua, disiplin untuk bersih-bersih, sopan sama tete tete (sebutan orang tua) juga kitorang lihat banyak pelajaran baru tentang Indonesia." Kata Bapak Yatep Talengen.

(HN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Banyak Hal Baru Positif Diajarkan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kepada Masyarakat Papua

Trending Now