Kebakaran Alun- Alun Suryakencana Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

INFONEWS TV
Selasa, 19 September 2023 | 02:58 WIB Last Updated 2023-09-18T20:04:36Z
Foto: Dok. Kabid Tekhnis Konservasi BBTNGGP, nampak para Petugas dan Relawan berusaha memadamkan api

INFO NEWS | PACET - Berdasarkan Informasi dari siaran pers no. PG.08/BBTNGGP/TEK/09/2023 terjadi kebakaran permukaan di alun-alun Suryakancana. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Senin, (18/9/2023).

Terpantau pertamakali secara realtime melalui CCTV. Pada pukul. 12.29 WIB. Dengan kondisi awal kepulan asap yang terlihat tidak terlalu besar.

Setelah memastikan informasi hasil CCTV untuk kepulan asap tersebut, segera di lakukan koordinasi dan komunikasi oleh Tim BBTNGGP dan dilakukan mobilisasi personal terdekat.

Pada jam 14.30 WIB. Tim BBTNGGP. Sudah sampai ke tempat kejadian kebakaran hutan secara paralel, juga dilakukan penyiapan alat pemadam yang ada dan penyiapan Tim TNGGP yang akan di kirimkan untuk melakukan bantuan pemadaman dan kegiatan pasca pemadaman.

Tim BBTNGGP, masyarakat dan tim bersih gunung kegiatan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melakukan mobilisasi awal sejumlah 8 Petugas dan relawan untuk melakukan penanganan awal di titik api pada lokasi alun- alun Suryakancana.

Relawan yang bergabung terdiri dari anggota komunitas Trashbag. Mapala UI, Mapala UNJ. Dan World clear up day (WCD) yang turut berpartisipasi aktif sebagai peserta kegiatan acara aksi bersih revolusi mental.
Selanjutnya, sekitar jam 15.00 WIB. Di koordinir oleh Petugas BBTNGGP di berangkatkan sejumlah 100 orang berasal dari unsur Petugas TNGGP. Volunteer GPO. Volunteer Montana. Masyarakat dan perwakilan Base Camp yang berangkat melalui jalur pendakian gunung putri untuk melakukan pemadaman, dan kegiatan pasca pemadaman di lokasi, dan api berhasil di padamkan tuntas pada jam 16.30 WIB. 

Sampai dengan press rilis ini di terbitkan, tim sejumlah 100 orang masih berada di alun-alun Suryakencana untuk melakukan pemantauan dan pengamanan, guna memastikan kebakaran dan potensi kebakaran benar-benar tereliminir.

Untuk perkiraan luasan areal yang terbakar adalah sekitar 3 ha, dengan vegetasi yang terbakar adalah rumput, edelweiss, cantigi, yang berada dilokasi mengarah lereng gunung gumuruh.

Seusai mendapat kiriman pdf dari lembaga terkait tentang kebakaran hutan, awak media segera menghubungi salah satu Kabid BBTNGGP (Lana) melalui sambungan aplikasi perpesanan WhatsApp menuturkan:

" Sementara ini kami tidak bisa memberikan informasi terkait peristiwa tersebut, sebaiknya besok datang saja ke kantor BBTNGGP." Ujarnya singkat.

(Red)
Sumber: BBTNGGP
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kebakaran Alun- Alun Suryakencana Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Trending Now